Doa Agar Terbebas dari Hutang

MediaIslamNet.Com–Abi Said al-Khudri ra meriwayatkan bahwa seorang sahabat yang bernama Abu Umamah selalu tinggal di masjid siang dan malam. Rasulullah saw rupanya senantiasa merperhatikan keadaan Abu Umamah yang sudah sekian lama selalu tinggal di masjid meskipun bukan waktu shalat.

Akhirnya Rasulullah saw memanggil Abu Umamah kemudian menanyakan sebab-sebab dia berbuat demikian. Abu Umamah menerangkan kepada Rasulullah saw bahwa dia ditimpa kesedihan dan kesusahan yang menyebabkan dia merasa amat gelisah jika tinggal di rumah karena akibat terlampau banyak hutang yang tidak bisa terbayar.

Rasullllah saw bersabda kepada Abu Umamah, ”Kuberikan kepadamu beberapa kalimat, amalkanlah dengan baik setiap hari, maka Tuhan akan memberikan kelonggaran kepadamu.” Kemudian Rasulullah saw mengucapkan: ”AllaaHumma inni a’uudzubika minal Hammi wal hazani Wa a’uudzubika minal ’ajzi wal kasali Wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli Wa a’uudzubika minal ghalabatid dayni wa qaHrir rijaal [Ya Allah sesungguhnya aku berlindung diri kepada Engkau dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari banyak hutang dan kezaliman manusia].”

Abu Umamah mendengarkannya dengan baik. Abu Umamah kemudian mengamalkannya siang dan malam dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan akan memberikan kelonggaran kepadanya. Tidak lama kemudian kedukaan dan kesedihan yang dirasakan Abu Umamah berkurang sedikit demi sedikit, makin lama makin berkurang dan akhirnya hilang sama sekali dan terbuka pada pikirannya jalan-jalan untuk mendapat usaha yang baik sehingga hutang dapat terbayar seluruhnya.

Oleh karena itu jika anda sedang kesulitan dalam mencari nafkah hingga anda terlilit hutang yang sangat membebani pikiran anda, banyak-banyaklah berdoa kepada Allah dengan doa ini. Tentu dengan keyakinan bahwa Allahlah yang memberi rezki kepada kita dan memberikan jalan keluar yang terbaik kepada kita. Semoga hidup anda berkah. (UMAR ABDULLAH)

Rate this article!
Tags:
author

Author: