Catatan Perjalanan ke Sumedang: Sowan ke Radio Citra FM

Episode 3: Sowan ke Radio Citra FM Sumedang

Oleh: Umar Abdullah

Umar Abdullah berfoto bersama Pak Samba, Penyiar Radio Citra FM Sumedang

Setelah beristirahat satu jam, Sabtu siang jam 13.00 saya bergerak menuju Radio Citra 99,4 FM. Radio Citra 99,4 FM adalah stasiun radio mitra Media Islam Net yang menyiarkan Majalah Udara Voice of Islam dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Letaknya di Sumedang Kota tepatnya di Jl. Mayor Abdurrahman. Cukup dekat dengan tempat kami menginap di Cimalaka. Cukup sekali naik angkot 01 sampailah saya di Radio Citra FM.

Walau Sabtu sore, suasana di Radio Citra FM masih ramai. Staf Administrasi masih giat bekerja, dan surprise! saya bertemu langsung dengan pemilik radio sekaligus Direktur Citra FM, Bapak H. Dudung Antaputra. Surprise, karena Pak Dudung sempat sakit selama setahun dan absen dari radio tercintanya. Alhamdulillah, pas saya datang, beliau sudah ngantor lagi.

Pak Dudung ini seniornya peradioan di Jawa Barat. Pernah menjadi pengurus PRSSNI Jawa Barat. Wajahnya mirip Bob Sadino. Usianya sudah 65 tahun. Memulai menggeluti bidang radio sejak tahun 70an, awalnya di Bandung, kemudian memindah radionya ke Sumedang tahun 1979.  Jadi, Radio Citra termasuk radio perintis di Sumedang. Penyiarnya pun ada yang sudah “senior”. Namanya Pak Samba. Saya sempat berfoto bersama Pak Samba sembari beliau asyik menyapa pendengar di studio siar.

Ngobrol dengan Pak Dudung asyik banget. Banyak ilmu dan pengalaman saya timba dari beliau. Lumayan, itung-itung kuliah gratis! Karena bagi saya, pengalaman dan praktek langsung adalah ilmu yang sebenarnya. Berbagai pertanyaan saya ajukan: mulai dari bagaimana mencetak insan peradioan yang handal, prospek sandiwara radio, kecenderungan warna musik saat ini, periklanan, manajemen radio, hingga kondisi radio-radio yang menyiarkan program keislaman. Semua dijawab dengan lugas dan jelas.

Setelah kehabisan pertanyaan, saya pamit pulang (enak bener ya). Senang rasanya mendapat jawaban-jawaban dari Pak Dudung. Jawaban-jawaban itu masih terngiang-ngiang dalam perjalanan pulang naik angkot 02 ke penginapan. Gunung Tampomas seolah memperhatikan saya yang berpikir keras menghadapi tantangan-tantangan peradioan di masa depan. Memanfaatkan teknologi informasi melalui radio untuk dakwah Islam. Hatur nuhun Pak Dudung, hatur nuhun Citra FM. (bersambung…)

Tags:
author

Author: