Friday, 25 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Konflik dengan Orang tua

Susah ya kalau keinginan kita berbeda dengan keinginan orang tua, atau keinginan orang tua berbeda dengan keinginan kita. Sebab kita dan orang tua memang ada perbedaan cara berpikir dan pengalaman hidup. Cara yang terbaik adalah dengan mengurangi ego kita. Cobalah untuk mengendalikan jiwa 'berontak' kita, kurangi kemauan kita yang sedang beda dengan ortu.

Tanya:
Assalamualaikum.wr.wb. Saya adalah remaja berusia 16 thn. Saya ingin bertanya, gimana caranya supaya kita dapat menyesaikan masalah dengan orang tua tanpa melawan nya?
Eca Juli Andari (via e-mail)

Jawab:
Alaykum salam wr. wb.

www.detik.com

Susah ya kalau keinginan kita berbeda dengan keinginan orang tua, atau keinginan orang tua berbeda dengan keinginan kita. Sebab kita dan orang tua memang ada perbedaan cara berpikir dan pengalaman hidup. Cara yang terbaik adalah dengan mengurangi ego kita. Cobalah untuk mengendalikan jiwa ‘berontak’ kita, kurangi kemauan kita yang sedang beda dengan ortu.

Kedua, coba untuk memahami dan mengerti maksud perintah atau larangan orang tua. Apa sih sebenarnya yang mereka mau dari perintah dan larangannya? Misalnya kamu suka ditegur karena lambat menyimpan baju kotor ke tempat cucian — padahal kamu akan melakukannya –, nah teguran itu bermaksud agar kamu jadi remaja yang sigap dan trampil. Nggak lelet bin lambat. Insya Allah dalam setiap perintah dan larangan ortu, ada maksud pendidikan buat kita. Asal kita mau sabar belajar mengerti kemauan mereka. Bisa ya? Insya Allah. [M. Iwan Januar]

You may have missed