Zaman Edan

Tanya:

dari +62852277XXX : gmn nch cara mempertahankan keimanan saat dunia edan begini ?

Jawab:

Mempertahankan iman berarti berusaha untuk menjadikannya selalu kuat dapat mendasari pikiran dan perbuatan setiap muslim. Itulah yang dinyatakan oleh Rasulullah saw kepada para sahabat beliau seperti yang terungkap dalam hadits berikut :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ رَبُّكُمْ عَزَّ وَجَلَّ لَوْ أَنَّ عِبَادِي أَطَاعُونِي لَأَسْقَيْتُهُمْ الْمَطَرَ بِاللَّيْلِ وَأَطْلَعْتُ عَلَيْهِمْ الشَّمْسَ بِالنَّهَارِ وَلَمَا أَسْمَعْتُهُمْ صَوْتَ الرَّعْدِ وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ حُسْنَ الظَّنِّ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ حُسْنِ عِبَادَةِ اللَّهِ وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَدِّدُوا إِيمَانَكُمْ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ نُجَدِّدُ إِيمَانَنَا قَالَ أَكْثِرُوا مِنْ قَوْلِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ (رواه احمد)

Dari Abi Hurairah bahwa Nabi saw berkata : “Berkata Rab kalian ‘azza wajalla : ‘Andaikan hamba-hambaKu mentaati Aku, sungguh Aku akan menurunkan hujan kepada mereka di malam hari dan akan menerbitkan matahari bagi mereka di siang hari, dan tidak akan Aku perdengarkan kepada mereka suara guntur.’” Lalu Rasulullah saw berkata lagi: “Sungguh berbaik sangka kepada Allah ‘azza wajalla adalah sebaik-baiknya ibadah kepada Allah.” Lalu Rasulullah saw berkata : “Perbaruilah iman kalian.” Dikatakan: “Wahai Rasulullah saw, bagaimana kami memperbarui iman kami?” Beliau menjawab: “Perbanyaklah oleh kalian ucapan لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ. (HR Ahmad)

Mengapa melakukan upaya memperbarui iman (تَجْدِيْدُ الإِيْمَانِ) dengan cara sebanyak-banyaknya mengucapkan kalimah لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ dan bukan dengan cara lain? Ya, tentu saja demikian karena ucapan لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ mengandung makna :

  1. لاَ خَالِقَ اِلاَّ اللهُ (tidak ada Pencipta kecuali Allah)
  2. لاَ مَعْبُوْدَ اِلاَّ اللهُ (tidak ada yang wajib ditaati kecuali Allah)
  3. لاَ مُشَرِّعَ اِلاَّ اللهُ (tidak ada yang berwewenang membuat peraturan kecuali Allah)

 

Sehingga jika saat seorang muslim mengucapkan kalimah لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ sebanyak-banyaknya itu juga disertai pemikiran yang memahami ketiga makna yang terkandung di dalamnya, maka dapat dipastikan tidak akan ada kekuatan atau ideologi atau pemikiran atau peraturan apa pun di luar Islam yang akan mampu menyesatkan si muslim tersebut, bahkan justru sebaliknya dia akan mampu mempengaruhi orang-orang di sekelilingnya untuk berusaha menjadi muslim yang taat kepada Allah SWT dan menjauhi sistem kufur zaman edan apa pun bentuknya. [Ust. Ir. Abdul Halim]

Rate this article!
Zaman Edan,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
author

Author: