Wednesday, 16 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Niat Puasa Per Hari atau Untuk Satu Bulan?

Imam Asy-Syafi’i adalah yang berpendapat bahwa niyat boleh dilakukan setiap malam dan boleh juga satu kali saja untuk sebulan penuh. Sementara Imam lainnya berpendapat harus setiap hari untuk setiap hari shaum.

Tanya:

Asslmwrwb. Ust ana mau nanya. gmn org yg puasa berniat 1 bln / tdk tiap mlm apkh sah puasax. trm ksh atas jwbx. TTD HAMBALI KEC.SAMBUNG. MAKMUR (+6285751097xxx)

Jawab:

‘alaikumussalam wr wb

Hambali di Sambung Makmur, bentuk pelaksanaan niyat memang ada dua macam yakni pertama yang niyat setiap malam dan kedua yang niyat disekaliguskan untuk satu bulan. Imam Asy-Syafi’i adalah yang berpendapat bahwa niyat boleh dilakukan setiap malam dan boleh juga satu kali saja untuk sebulan penuh. Sementara Imam lainnya berpendapat harus setiap hari untuk setiap hari shaum. Kedua pendapat tersebut sama-sama berdasarkan kepada ucapan Rasulullah saw berkenaan dengan niyat shaum Ramadlan:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ (رواه النسائي

Siapa saja yang tidak meniyatkan shaum sebelum fajar maka shaumnya tidak sah

Bagian ucapan Nabi Muhammad saw مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ (Siapa saja yang tidak meniyatkan shaum sebelum fajar), memang sangat memungkinkan dipahami setiap malam setiap akan shaum esok siangnya, atau dapat juga dipahami disekaliguskan untuk satu bulan asal dilakukan sebelum fajar. [Ust Ir. Abdul Halim]

You may have missed