Saturday, 26 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Menantu dan Mertua Tak Akur

Bagaimana sikap terbaik seorang suami yang melihat istrinya tidak cocok dgn ibu mertuanya sementara si istri sudah beberapa kali berupaya bersabar menghadapi ibu mertuanya agar tidak ribut namun berulang kali juga si ibu mertua bersikap tidak menghargai upaya ini dan menunjukkan perlakuan sebelah mata, dan menyampaikan ucapan-ucapan yang dinilai menyinggung hati istri?

Tanya:

Assalamualaikum wrwb. Bagaimana sikap terbaik seorang suami yg melihat istrinya tidak cocok dgn ibu mertuanya sementara si istri sdh beberapa kali berupaya bersabar menghadapi ibu mertuanya agar tidak ribut namun berulang kali juga si ibu mertua bersikap tidak menghargai upaya ini dan menunjukkan perlakuan sebelah mata, dan menyampaikan ucapan2 yg dinilai menyinggung hati istri? Dan akhirnya istri bersikap sebelah mata juga thd ibu mertuanya utk membalas perlakuannya? Terima kasih. Wassalam.
(Eddy Setiawan, via e-mail)

Jawab:

‘Alaykum salam wr. wb.

Memang terasa berat jika hubungan istri dengan mertua tidak harmonis. Sebagai anak, cobalah untuk bicara pada orang tua agar memaklumi kekurangan dari menantunya. Sampaikan bahwa pernikahan itu adalah proses belajar agar lebih baik lagi. Bila ada kekurangan dari menantu/istri maka dimohon bimbingannya dengan kasih sayang.

Agar tidak berulang terus terjadinya konflik, akan lebih baik bila tinggal tidak serumah dengan orang tua/mertua. Cobalah mandiri dengan mencari rumah kontrakan atau mungkin membeli rumah sederhana. Dengan begitu, kehidupan rumah tangga akan mandiri dan bisa saling belajar membangun keluarga. Sampaikan juga agar istri lebih bersabar lagi dan dibantu dengan doa. Semoga bermanfaat. [M. Iwan Januar]

You may have missed