Thursday, 26 November 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Mencari Calon Istri yang Cocok

Saya Zul umur 22 tahun yang ingin saya tanyakan apa yang harus kita lakukan bila hubungan dengan pacar tahu calon istri tapi belum dapat restu dari orang tua? Bagaimana caranya mencari sosok istri yang kira-kira cocok untuk dijadikan pasangan hidup?

Tanya:
Assalamua’laikum wrwb. Saya Zul umur 22 tahun yang ingin saya tanyakan apa yang harus kita lakukan bila hubungan dengan pacar tahu calon istri tapi belum dapat restu dari orang tua? Bagaimana caranya mencari sosok istri yang kira-kira cocok untuk dijadikan pasangan hidup?
(Zul, via e-mail)

Jawab:
‘Alaykum salam wr. wb.
Dik Zul, pernikahan yang barokah tidak mungkin diawali dengan berpacaran. Karena pacaran itu jalan yang tidak diridloi Allah, banyak unsur mendekati zina. Ada khalwat, berpegangan tangan, berpelukan, dsb.

Bila memang berniat menikah maka awali dengan cara yang Islami, carilah calon istri yang baik agamanya. Wanita yang baik agamanya tidak akan mau berpacaran, tapi akan mengharapkan ada pria yang segera menikahinya.

Bila orang tua tidak setuju maka cari tahu apa alasannya. Bila karena kesukuan, fisik, ekonomi, dsb, maka sampaikan bahwa untuk menikah itu landasan agama lebih utama daripada pertimbangan duniawi. Semoga jelas [M. Iwan Januar]

You may have missed