Saturday, 26 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Risih Karena Bekas Hitam di Jidat

Umur saya 18 tahun. Tapi karena alkhamdullilah saya sering sholat sunah dan wajib. Jidat saya ada bekas hitam. Saya takut dan risih sendiri jika dikomentari teman. Sikap apa yang harus saya lakukan? Maksih sebelumnya.

Tanya:
Assalaamu’alaikum wr wb. Umur saya 18 tahun. Tapi karena alkhamdullilah saya sering sholat sunah  dan wajib. Jidat saya ada bekas hitam. Saya takut dan risih sendiri jika dikomentari teman. Sikap apa yang harus saya lakukan? Maksih sebelumnya.
(Fahmi, via e-mail)

Jawab:

‘Alaykum salam wr. wb.

Dik Fahmi yang dimuliakan Allah, senang rasanya mendengar Dik Fahmi giat dalam beribadah, khususnya sholat wajib dan sunnah, karena sholat adalah tiang agama dan amal pertama yang akan dihisab oleh Allah di Hari Akhir.

Mengenai tanda hitam di kening, jangan dipermasalahkan. Semoga itu menjadi penanda bahwa Dik Fahmi termasuk umat Muhammad saw. Sebagaimana firman Allah:

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka ruku` dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu’min). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.”(QS. al-Fath: 29).

Jangan minder. Tapi jadikan itu sebagai awal yang baik untuk istiqamah dalam beragama. Semoga amal yang lain juga selalu dikerjakan dan dijaga oleh Dik Fahmi. [M. Iwan Januar]

You may have missed