Doa, adalah ibadah. Doa juga adalah senjatanya kaum mukminin. Keutamaan doa mengalahkan semua hitung-hitungan paling rumit sekali pun yang bisa dibuat oleh manusia. Ikhtiar tentu ada tuntunannya. Bahkan sejatinya doa itu juga bagian dari ikhtiar. Doa adalah ibadah berdasarkan firman Allah Ta’ala (yang artinya), “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.Read More →

Jangan ketawa duluan ya (eh, kok ge-er, nyangka bakal ada yang ngetawain?). Iya, yang sering diobrolin akhir-akhir ini adalah teori konspirasi, termasuk yang dihubungkan dengan wabah Covid19. Namun, saya bakalan bahas langsung praktiknya saja lah. Memangnya bisa dibuktikan? Hmm.. sabar. Pelan-pelan, ya. Kalo pun pada akhirnya Anda tak mendapat jawabanRead More →

Membaca fakta ternyata bukan pekerjaan sederhana. Oya di Pesantren Media, saya mengajar pelajaran membaca fakta. Sekedar fakta terindra itu level pelajaran sederhana. Namun bila sudah terkait apakah berita yang kita terima itu fakta atau opini, maka penjelasannya akan meningkat lebih sulit. Apalagi jika sudah berbicara mengenai perspektif dalam memandang fakta,Read More →

Ceritanya seseorang bertanya kepada saya,” Kamu percaya teori konspirasi?” Lalu saya jawab gini. ”Saya percaya banget konspirasi itu ada.”“Waaah kamu tuh suka nonton filem dan baca novel-novel konspirasi sih yaa.” Si dia melanjutkan. Saya jawab aja lagi, “Nggak juga. Justru penulis novel dan skenario filem itu yang suka mengamati masalahRead More →

Dalam situasi Corona, umat ini akhirnya terbagi menjadi beberapa golongan: 1. Orang yang takut kepada Allah Ta’ala. Mereka ini takut bermaksiat. Mereka tidak suka berkerumun untuk hura-hura. Mereka tidak suka hidup hedonis dengan bersenang-senang di mall atau tempat rekreasi. Mereka tidak suka bersenang-senang di pasar modern, belanja, cuci mata, makan-makanRead More →