Terlibat Riba Karena Biaya Anak Sekolah

Tanya:

+628386727XXX : Ass wr wb.pak ustadz tanya soal htg piutg. gini pak. saya ibu dr 7 anak. yg msh membiayai menuntut ilmu dlm waktu bersamaan. krn penghsln suami tdk mencukupi sy jualan dan hutang pd rentenir. tanya pak apa ada siapa dan dimana org muslim yg mau memberi pinjaman lunak dg menyicil perbln? biar sekolah dan mondok tdk pinjam pd rentenir. mohon jwbn dan blsn. was wr wb.

Jawab:

‘alaikumussalam wr wb. Nasihat pertama saya kepada ibu adalah hentikan perbuatan ibu yang berupa transaksi riba yakni pinjam uang kepada rentenir atau siapa pun yang melibatkan bunga alias riba, karena semua alasan ibu sama sekali tidak boleh yakni haram menjadi pembenar dilakukannya perbuatan maksiat yakni transaksi riba yang sudah jelas diharamkan oleh Islam.

Nasihat yang kedua adalah cobalah tengok sekeliling ibu dengan cermat dan seksama mungkin masih ada seorang muslim yang kaya dan bersedia meminjamkan uangnya kepada ibu dengan pengembalian mencicil tanpa riba. Jika di tempat ibu sudah tidak ada maka mintalah kepada suami anda untuk mencarinya, karena dialah yang berkewajiban memenuhi semua kebutuhan pokok istri dan keluarganya. Jika tidak berhasil juga, maka sudah hentikan pembiayaan yang tidak perlu seperti sekolah anak-anak yakni hentikan anak-anak dari sekolah yang membutuhkan biaya dan cari sekolah yang gratisan dan itu banyak. [Ust. Ir. Abdul Halim]

Tags:
author

Author: