Wednesday, 25 November 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Susuk Pengasihan

Islam mengharamkan umat Islam untuk mendatangi dukun lalu bertanya tentang sesuatu serta membenarkan kata-kata dukun tersebut.

Pertanyaan:

Dari 628526856XXXX : Asalamualaikum. ustat. nama. saya. sukadi. di.sp.5.tri.anqqun.jaya. saya.mau. tanya. baqaimana. hukumnya. bila. memasanq. susuk. penqasihan. berupa.benda. loqam. bila.menqerjakan.solat. sah.atau.tidak.sekian.wasalam.

 

Jawaban:

Sukadi di Tri Anggun Jaya, permasalahannya bukan berkenaan dengan hukum memasang susuk, pengasihan dan lainnya, melainkan dipastikan seluruh benda-benda “aneh” tersebut adalah berasal dari atau diberikan oleh para dukun dan sejenisnya. Di sinilah Islam mengharamkan umat Islam untuk mendatangi dukun lalu bertanya tentang sesuatu serta membenarkan kata-kata dukun tersebut. Sekali lagi hukumnya adalah haram berdasarkan banyak hadits Nabi Muhammad saw antara lain:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَالْحَسَنِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَتَى كَاهِنًا أَوْ عَرَّافًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (رواه احمد)

Dari Abi Hurairah dan Al-Hasan dari Nabi saw berkata : siapa saja yang mendatangi dukun atau paranormal, lalu membenarkan segala apa yang dia ucapkan, maka sungguh orang itu telah kufur kepada segala hal yang diturunkan kepada Muhammad saw.

 

عَنْ صَفِيَّةَ عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ لَمْ يُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ يَوْمًا (رواه احمد)

Dari Shafiyyah dari sebagian para istri Nabi saw dari Nabi saw berkata : siapa saja yang mendatangi dukun lalu membenarkan apa-apa yang dia ucapkan, pasti tidak akan diterima dari orang itu shalat selama 40 hari

[Ust. Ir. Abdul Halim]

You may have missed