Saturday, 26 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Hukum Jual Beli Pulsa

Dalam akivitas jual beli tidak akan pernah terjadi riba, sebab justru antara transaksi jual beli dan riba tidak akan pernah terjadi dalam waktu yang bersamaan.

Pertanyaan:

Dari 628524812xxx : Assalamu,alaikum,.saya hadi di banjarmasin,.saya mau nanya,. bagaimana hukum nya orang yang jual-beli fulsa, apakah ini termasuk riba, klu yang gesek ada bendanya,. cuma yang lain dari itu,.seperti m-tronik,. apakah boleh..

 

Jawaban:

Hadi di Banjarmasin, aqad jual beli (عَقْدُ الْبَيْعِ) dalam Islam baru dipastikan sah jika memenuhi tiga rukun aqad yakni :

  1. dua pihak yang beraqad (اَلْعَاهِدَانِ الْعَاقِدَانِ) yaitu penjual dan pembeli
  2. benda atau jasa yang diaqadkan dalam jual beli (اَلْمَعْقُوْدُ بِهِ)
  3. ijab qabul (اَلإِيْجَابُ وَالْقَبُوْلُ)

 

Pulsa telepon baik yang biasa maupun yang elektronik adalah benda (مِنَ الأَشْيَاءِ اَوِ الْمَادَّةِ) dan faktanya dapat dijual atau dibeli dengan bukti dapat berfungsinya pesawat telepon atau hand phone (HP) atau internet setelah pulsanya dibeli (jika pra bayar) atau setelah utang pulsanya dibayar (jika pasca bayar). Sehingga sekali lagi, dengan bukti tersebut pulsa telepon adalah benda yang dapat didagangkan dan memenuhi rukun aqad jual beli yang kedua : اَلْمَعْقُوْدُ بِهِ.

 

Dalam akivitas jual beli tidak akan pernah terjadi riba, sebab justru antara transaksi jual beli dan riba tidak akan pernah terjadi dalam waktu yang bersamaan. Inilah yang ditunjukkan oleh pernyataan Allah SWT : وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا (البقرة : 275), yang memastikan bahwa realitas jual beli adalah halal dan realitas riba adalah haram sehingga jika dalam jual beli terjadi riba maka mustahil Allah SWT menghalalkannya. Begitu juga jika riba adalah sama dengan jual beli maka mustahil Allah SWT mengharamkan riba tapi menghalalkan jual beli dan inilah klaim manusia yang dibantah oleh Allah SWT karena mereka menganggap jual dan riba adalah sama saja :

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا (البقرة : 275)

 

Jadi jual beli pulsa yang biasa maupun yang elektronik adalah halal dan sama sekali tidak ada hubungan apa pun dengan riba. [Ust. Ir. Abdul Halim]

You may have missed