Thursday, 24 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Prediksi Badai Matahari 2012 dan Kita

Tak ada manusia yang bisa memprediksi secara pasti, kapan lempeng bumi yang berada di atas rongga besar akan patah. Lalu kapan dua lempeng yang bertemu akan mengalami tumbukan. Kapan longsor akan terjadi. Perhitungan di atas kertas sering tidak menjangkau peristiwa alam.

Dari Meja Redaksi Voice Of Islam. Hari ini kami berdebat tentang kemungkinan aktivitas matahari yang diprediksi meningkat tahun 2012. Tentu saja yang menghangat dan memanas adalah kemungkinan besar rusaknya sistem satelit, listrik, dan peralatan radio akibat lonjakan pengaruh pancaran matahari yang akan mempengaruhi medan magnet bumi. Mencuat kecemasan-kecemasan yang menyangkut masa depan sistem radio dengan berbagai peralatannya yang tentunya “tidak murah” dan kemungkinan besar akan menjadi “sampah”. Belum lagi masalah sistem listrik yang akan membawa ancaman besar pada kehidupan umat manusia.

Kita harus menyiapkan masyarakat untuk mengantisipasi bencana besar ini. Selanjutnya pikiran-pikiran pun menerawang mencoba mencari solusi. Bagaimana kalau kita berdiskusi dulu dengan ahli-ahli dari Lapan? Bagaimana kalau kita hadirkan pakar klimatologi untuk membahas dampaknya terhadap iklim? Bagaimana kalau kita minta ahli IT kita untuk menelaah berbagai kemungkinan?

Seorang dari kami mengatakan, soal badai matahari masih jadi perdebatan para ahli. Lebih baik kita bicara solusi yang pasti. Insya Allah akan memuaskan akal dan menentramkan jiwa masyarakat. Terus terang prediksi kita tentang iklim di awal tahun ini melenceng jauh. El Nino diprediksi akan menyebabkan kemarau berkepanjangan. Pemanasan Gobal diprediksi akan menyebabkan cuaca panas ekstrim di mana-mana. Tapi tak pernah terprediksi bahwa mayoritas wilayah Indonesia dilanda banjir.

Jujur saja, ada salah seorang dari kami yang sudah menyiapkan pompa air sebagai antisipasi kekeringan, bersiap-siap membeli tong-tong besar untuk menampung air hujan. Tapi tak terduga bahwa banjir besar melanda Bandung Selatan. Kota besar Washington mengalami suhu dingin terekstrim di luar biasanya. London dan hampir seluruh Eropa jauh lebih dingin dari sebelumnya. Beberapa tahun yang lalu, diprediksi bumi akan diserempet pecahan asteroid. Dunia diprediksi kiamat ketika sebagian besar kita masih Sekolah Dasar.

Tak ada manusia yang bisa memprediksi secara pasti, kapan lempeng bumi yang berada di atas rongga besar akan patah. Lalu kapan dua lempeng yang bertemu akan mengalami tumbukan. Kapan longsor akan terjadi. Perhitungan di atas kertas sering tidak menjangkau peristiwa alam.

Manusia memang harus mengantisipasi segala kemungkinan dengan kemampuan akalnya. Namun manusia harus meyakini bahwa Allah SWT Penguasa Alam Semesta Raya. Pemilik Matahari, Bumi, Langit dan seluruh isinya yang memiliki Kuasa Menentukan. Allah SWT telah memastikan bahwa barakah akan hadir ketika umat manusia menjalankan ketaqwaan dengan sebaik-baiknya. Sehingga yang diperlukan masyarakat saat ini adalah bagaimana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan sebaik-baiknya.

So, pemilik radio, jadikanlah radio-radio anda barakah dengan menyerukan kebaikan kepada masyarakat. Jadikan radio-radio anda adalah sarana untuk menyerukan ketaqwaan kepada masyarakat. Pemilik berbagai sarana komunikasi, jadikanlah apa yang anda miliki untuk mempercepat tegaknya kemuliaan Islam dan kaum muslimin. Ketaqwaan hanyalah dengan menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai penuntun jalan kehidupan. Hukum Syara sebagai standar seluruh perbuatan.

Perjuangan penegakan Islam adalah solusi yang paling pasti untuk mencegah berbagai bencana dan kerusakan. Penerapan syariat Islam dalam naungan Khilafah adalah jalan keluar yang pasti bagi umat Islam untuk menyelamatkan bumi ini dari berbagai bencana. Semoga isu Kiamat 2012 menjadi pemicu bagi setiap hamba yang lalai untuk kembali bertaqwa. Para pejuang Islam untuk semakin menguatkan keikhlasan dan bersungguh-sungguh.

Walhasil kami semua setuju dan diskusi berakhir dengan perasaan kembali bergelora. Yakin dan pasti untuk semakin menguatkan seruan dakwah Islam.  (el_Moesa)

You may have missed