Memilih Calon Istri

Program: Voice of Islam | Rubrik: Konsultasi Surat | Narasumber: Ir. Lathifah Musa | Topik: Memilih Calon Istri


Contact: +6285656471xxx Date: 01/03/2009 18:47

Asskum wr wbtu nama ag imam mustofa sy dr toili kabupaten banggi sy sering dengar voice of islam d radio galasika  sy mw tanya apa kiat kiat supaya sy cpt dpt jodoh, ag ni  cacat tad, mata sy yg satu tdk bs melihat.ag takut pada dr ag soalnya gak da cewek yg mw sm sy.ag bngung! sy tdk henti 2nya berdoa pd Allah supaya sy diberikan jodoh yg soleh tp ,hasilnya tetep gak ada.

Apa yang terjadi pada diri kita, seperti cacat, penyakit dan semisalnya, maka itu berada pada lingkaran yang tidak kita kuasai. Artinya, kita tidak bersalah dan tidak perlu merasa bersalah, minder dan sebagainya. Allah SWT menetapkan demikian, maksudnya sebagai ujian kesabaran. Ketika kita menerima kondisi kita dengan sabar dan ikhlas, sebenarnya itulah jalan kita dinaikkan derajadnya sebagi manusia. Jadi jangan merasa rendah hati dan minder. Insya Allah, Allah SWT Maha Adil. Setiap doa kita pasi diijabah. Hanya ada hakikat syar’iyyah tentang makna ijabah doa. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda: TIdak ada seorang muslim pun yang berdoa kepada Allah dengan suatu doa yang di dalamnya  tidak dosa dan memutuskan silaturrahmi kecuali Allah akan memberinya salah satu dari tiga perkara, yaitu bisa jadi Allah akan mempercepat terkabulnya doa itu saat di dunia atau Allah akan menyimpan terkabulnya doa di akhirat kelak, dan bisa jadi Allah akan memalingkanm keburukan darinya sesuai dengan kadar doanya. Para shahabat berkata.”Kalau begitu kami akan meperbanyak doa.” Rasulullah Saw bersabda: Allah akan lebih banyak lagi mengabulkan.” (HR Ahmad dan al Bukhori)

Dalam hadits lain Rasulullah Saw bersabda: “Seorang hamba yang berdoa akan terus menerus dikabulkan doanya selama ia tidak berdoa dengan dosa dan memutuskan silaurahim, dan selama ia tidak tergesa-gesa ingin cepat-cepat dikabulkan. Dikatakan kepada Nabi Saw, wahai Rasulullah apa yang dimaksud dengan tergesa-gesa ingin cepat-cepat dikabulkan? Rasulullah Saw bersabda: Yaitu ketika ia berkata, aku telah berdoa, aku telah berdoa, tetapi aku tidak melihat doaku dikabulkan. Kemudian ia mengeluh karenanya dan akhirnya meninggalkan doanya.” HR Muslim.

Jadi minimal doa kita akan terkabul di akhirat karena tentang dipalingkannya dari bahaya terkadang kita tidak merasakan. Tapi kalau terkabul di akhirat itu sudah pasti. Minimal calon istrinya akhi Imam adalah bidadari surga. Ntuk itu jangan putus asa berdoa. Semoga bisa dipercepat dipertemukan di dunia.[]

2 Comments

  1. assalamualaikum, saya ingin sekali cepat menikah soalnya hasrat untuk kawin menyertaiku.. tapi secara finansial saya belum mampu. temen2ku yg sudah menikah bilang masalah rejeki setelah menikah pasti Allah akan menjamin. ustad/zah gimana yg harus aku lakukan ?

  2. Asskum wr wb. nm Q fadil aku seorang pemda, dmna aku skrang dalam bimbnag dan bingung!
    Q mau menikah, tetp ada mslah yg aku hadami! Q mencntai Psngn Q dan sblik’y! ktk wktu PsngnQ bercrta tntng dri’y! dia sudah tdk suci lagi! aku bingun untk menruskan HbngnkU ke jenjang lebh lanjut ! Krna pasngnku suudah tk suci lagi! aku harus bagaimana? teruskan/mundur! gimana hukum psnagnku? wslmkm wr wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *