Wednesday, 25 November 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Ibu Masih Kafir

Yang pertama kali adalah Alexa harus bersyukur kepada Allah SWT. Bahwa sekalipun dilahirkan oleh seorang ibu yang beragama Kristen, tetapi Allah SWT telah memberikan hidayah kepada Alexa dengan keislaman ini. Secara umum anak itu dekat dengan ibunya, tetapi ternyata Allah memudahkan Alexa untuk memeluk Islam. Alexa juga harus bersyukur karena diberi ayah yang baik.

Program: Voice of Islam | Rubrik: Konsultasi Surat | Narasumber: Ir. Lathifah Musa | Topik: Ibu Masih Kafir

Contact: +6287812111xxx Date: 01/03/2009 18:02

Ass.wr.wb. Saya alexa dr pamekasan saya berUmur 17thn,

sejak saya berUmur 6 bulan,0rtU saya brcerai,dan saya ikUt ayah. Mama saya beragama kristen sedangkan ayah bragama islam, Sejak percerain 0rtU saya,saya belum pernah bertemu mama saya,jangankan bertemU,Memberi kabar saja mama tidak pernah! Jujur dr lubUk hati saya,saya rindU mama,ya walaupUn kadang saya mrasa benci padanya. Apakah saya salah membenci mama saya?dan apakah surga saya berada ditelapak kaki se0rang ibU yg lupa pada anaknya? Sekian dan trimakasih, Wss.wr.wb.

Wa’alaikum salam buat Alexa di Pamekasan.

Yang pertama kali adalah  Alexa harus bersyukur kepada Allah SWT. Bahwa sekalipun dilahirkan oleh seorang ibu yang beragama Kristen, tetapi Allah SWT telah memberikan hidayah kepada Alexa dengan keislaman ini. Secara umum anak itu dekat dengan ibunya, tetapi ternyata Allah memudahkan Alexa untuk memeluk Islam. Alexa juga harus bersyukur karena diberi ayah yang baik. Dengan rasa syukur itu, insya Allah. Allah SWT akan selalu menambah nikmat kepada diri kita. Perceraian bagi kedua orangtua biasanya akan menimbulkan luka sesedikit apapun pada diri masing-masing. Ini harus difahami oleh Alexa. Rindu kepada sosok seorang ibu itu wajar saja. Kerinduan ini hendaknya diwujudkan dalam doa. Semoga Allah memberikan hidayah kepada mamanya Alexa. Ketika timbul rasa kecewa dan benci, jangan semakin disemai atau ditumbuhsuburkan. Ketika benci maka Alexa harus mengingat Allah sehingga rasa benci itu akan teralihkan dan berganti dengan syukur. Bagaimanapun mama nya Alexa sudah pernah merawat alexa di dalam kandungan selama kira-kira sembilan bulan lebih. Menyusui, mengasuh ketika kecil, itu adalah kenangan tersendiri bagi seorang ibu. Jauh lebih menyakitkan seorang ibu meninggalkan anaknya, dibandingkan seorang anak yang ditinggal ibunya. Pasti ada kenangan pada mama Alexa ketika merawat Alexa di waktu kecil. Tetapi karena perceraian, saya melihat pasti juga karena ada factor beda agama, maka kenangan itu berusaha dipendam. Apabila Alexa mengingat jasa mama, maka doakanlah dia. Tumbuhkanlah kasih sayang kepada orang tua dengan mendoakannya. Kewajiban seorang anak adalah berbakti kepada orang tuanya, sekalipun orang tuanya masih kafir. Dia tidak boleh berkata kasar kepada orang tua. Tetap lemah lembut sekalipun kelemahlembutan itu tidak mengubah prinsip. Mengenai surga di telapak kaki ibu, Al Jannatu tahta aqdaamil ummahaati. ini dimaksudkan untuk memuji peran ibu yang sangat penting dan mulia. Bukan berarti di setiap kaki ibu ada surga, karena bila ibunya bukan seorang muslim maka ia akan mengarahkan anaknya untuk menjadi kafir. Sehingga hadits ini tidak ditujukan kepada seorang ibu yang kafir. Karena yang dimaksud dengan umumah adalah termasuk mendidik anak di usia dini dengan menanamkan aqidah yang benar.[]

You may have missed