Politik dan Konspirasi

Politikus mana yang tidak percaya kalau konspirasi ada? Mulai dari politikus besar pemimpin rakyat, hingga politikus yang pemikirannya didominasi niat busuk mengambil keuntungan untuk diri pribadi. Kalaulah ada politikus tak percaya teori konspirasi, maka itu sepertinya politikus abal-abal. Mudah dimanfaatkan orang. Seperti kata suami saya (lho ya….,hehehe), teori konspirasi itu lahir dari pengamatan terhadap fakta-fakta…

Read More

Praktik Konspirasi, Covid19, dan Dajjal

Jangan ketawa duluan ya (eh, kok ge-er, nyangka bakal ada yang ngetawain?). Iya, yang sering diobrolin akhir-akhir ini adalah teori konspirasi, termasuk yang dihubungkan dengan wabah Covid19. Namun, saya bakalan bahas langsung praktiknya saja lah. Memangnya bisa dibuktikan? Hmm.. sabar. Pelan-pelan, ya. Kalo pun pada akhirnya Anda tak mendapat jawaban dari tulisan ini, silakan mencari di…

Read More

Pelajaran Membaca Fakta dan COVID19

Membaca fakta ternyata bukan pekerjaan sederhana. Oya di Pesantren Media, saya mengajar pelajaran membaca fakta. Sekedar fakta terindra itu level pelajaran sederhana. Namun bila sudah terkait apakah berita yang kita terima itu fakta atau opini, maka penjelasannya akan meningkat lebih sulit. Apalagi jika sudah berbicara mengenai perspektif dalam memandang fakta, mulai spesifik. Tambah rumit lagi…

Read More

Streaming Voice of Islam

Bagi Anda, khususnya para pengelola radio yang pernah bekerjasama dengan MediaIslamNet antara Juli 2007 hingga November 2016, insya Allah kami sedang meng-upload file-file Program Voice of Islam (111 edisi) ke internet. Sehingga nantinya bisa di-dowload dan bisa diputar di radio yang Anda kelola atau tempat Anda bekerja. Selain itu, insya Allah kami sedang menyiapkan rekaman…

Read More

Jalan Takdir Abu Ubaidah radhiallahu ‘anhu

Situasi pandemi, mengingatkan saya pada seorang sahabat besar bernama Abu Ubaidah bin Al Jarrah ra. Beliau adalah salah satu shahabat yang membuat saya sering mengingat kisahnya, kebesaran namanya dan akhir kehidupannya untuk menemui Allah Azza wa Jalla. Kehidupan Beliau berakhir dalam kondisi wabah besar di Amawas. Mengenang Abu Ubaidah ra, adalah mengenang pilihan jalan taqdir…

Read More

Konspirasi Itu Ada

Ceritanya seseorang bertanya kepada saya,” Kamu percaya teori konspirasi?” Lalu saya jawab gini. ”Saya percaya banget konspirasi itu ada.”“Waaah kamu tuh suka nonton filem dan baca novel-novel konspirasi sih yaa.” Si dia melanjutkan. Saya jawab aja lagi, “Nggak juga. Justru penulis novel dan skenario filem itu yang suka mengamati masalah konspirasi. Karena konspirasi itu memang…

Read More