Bantuan dari Caleg

 

Ilustrasi | Foto: tubasmedia.com

Tanya:

dari +62812742xxxx : Nama saya hendri dari sungai abang, mau tanya apa hukum nya kalau kita menerima bantuan alat ibadah dari orang non muslim, cnth: sorang calek non muslim membantu semen atau alas/tikar masjid ? boleh ga kita gunakan,trma kasih.

Jawab:

Menerima bantuan baik berupa uang maupun bahan bangunan dari calon anggota legislatif (baik yang muslim maupun yang non muslim) adalah haram hukumnya, karena hal itu tidak dapat dipisahkan dari arena pesta demokrasi yang diharamkan oleh Islam untuk diikuti oleh umat Islam, baik langsung maupun tidak. Allah SWT menyatakan :
وَقَدْ نَزَّلَ عَلَيْكُمْ فِي الْكِتَابِ أَنْ إِذَا سَمِعْتُمْ ءَايَاتِ اللَّهِ يُكْفَرُ بِهَا وَيُسْتَهْزَأُ بِهَا فَلَا تَقْعُدُوا مَعَهُمْ حَتَّى يَخُوضُوا فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ إِنَّكُمْ إِذًا مِثْلُهُمْ إِنَّ اللَّهَ جَامِعُ الْمُنَافِقِينَ وَالْكَافِرِينَ فِي جَهَنَّمَ جَمِيعًا (النساء : 140)
Dan sungguh telah Dia (Allah) turunkan kepada kalian dalam al-Kitab (al-Quran) bahwa jika kalian mendengar ayat-ayat Allah, maka diingkari dan diperolok-olokan, maka janganlah kalian duduk bersama mereka hingga mereka beralih membicarakan persoalan lainnya. Sungguh jika kalian tetap duduk bersama mereka saat mereka melakukan aksinya, maka kalian adalah sama persis dengan mereka. Sungguh Allah akan mengumpulkan seluruh orang-orang munafiq dan kafir dalam jahannam (QS an-Nisaa’ [4]: 140)

[Ust. Ir. Abdul Halim]

Rate this article!
Bantuan dari Caleg,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
author

Author: