Sunday, 20 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Berdagang yang Sukses dan Syar’i

Nampak sekali bahwa realitas jual beli yang diwajibkan berlangsung dalam Islam adalah yang memenuhi kriteria jujur dan tidak manipulatif.

Tanya:

dari +628532307XXX : Asslmalaikum, pa ustad gmana caranya agar kta bsa suxes dlm brdagang untk menafkahi istri keluarga. Dan yg sesuai dgn syariat Islam..? Mkasih asalmakum.

Jawab:
Sah tidaknya transaksi jual beli (اَلْبَيْعُ) ditentukan oleh tiga rukun yakni adanya penjual dan pembeli, ada barang atau jasa yang diperjual belikan dan adanya kerelaan kedua belah pihak yang diungkap dalam istilah ijab qabul. Rasulullah saw menyatakan :
الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا أَوْ قَالَ حَتَّى يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِي بَيْعِهِمَا وَإِنْ كَتَمَا وَكَذَبَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا (رواه البخاري)
Dua pihak yang berjual beli selalu berada dalam pilihan selama keduanya belum berpisah atau beliau berkata hingga keduanya berpisah. Lalu jika keduanya jujur dan bersikap transparan, pastilah keduanya diberkahi dalam jual belinya dan jika keduanya menyembunyikan sesuatu serta berdusta, pastilah barokah jual belinya akan dihilangkan (HR Bukhari)

Nampak sekali bahwa realitas jual beli yang diwajibkan berlangsung dalam Islam adalah yang memenuhi kriteria jujur (صَدَقَا) dan tidak manipulatif (بَيَّنَا). Tentu saja agar penjual dan pembeli dapat memenuhi kewajiban tersebut maka harus berlangsung aksi tawar menawar, yakni penjual menawarkan barang berikut harganya dan pembeli melakukan penawaran baik terhadap realitas barang maupun harganya. Sebaliknya jika keduanya bersikap manipulatif (كَتَمَا) dan dusta (كَذَبَا) maka aqad jual belinya tidak sah sehingga transaksi jual belinya haram dilanjutkan.

Jika jual beli dalam dagang anda sudah memenuhi semua ketentuan Islam tersebut maka langkah berikutnya supaya jual perdagangannya berhasil adalah melaksanakan manajemen paling baik yakni menyediakan barang dagangan terbaik, pengemasan yang menarik, pelayanan yang lebih baik dari pedagang lainnya dan seterusnya, sesuai dengan pernyataan Rasulullah saw:
إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ (رواه مسلم)
Sungguh Allah telah mewajibkan berbuat yang terbaik dalam segala hal, maka jika kalian membunuh maka baguskanlah dalam membunuh dan jika kalian menyembelih maka baguskanlah dalam menyembelih. (HR Muslim)

[Ust. Ir. Abdul Halim]

You may have missed