Monday, 28 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Usai Shalat Jangan Langsung Kabur

Jadi, usai shalat, jika tidak ada kepentingan yang sangat genting, jangan langsung kabur atau berpindah tempat. Minimal berdzikirlah sejenak dan berdoalah kepada Allah.

Biasanya anak-anak kalau shalat, usai mengucapkan salam, langsung saja kabur, tidak berdzikir, tidak pula berdoa. Namun tak jarang pula orang dewasa setelah shalat, langsung berpindah dari tempatnya shalat, berpindah ke bagian lain dari masjid. Bukan tidak boleh, namun sayang, karena seseorang yang shalat berjama’ah di masjid, kemudian ia tidak berpindah dari tempat shalatnya akan didoakan oleh para malaikat selama ia belum berhadas.

Sebuah riwayat dari Abu Hurairah ra. Mengatakan, bahwa Rasulullah bersabda, “Para malaikat senantiasa mendoakan kamu selama kamu masih berada di tempatmu shalat dan belum berhadas.  (Doanya) ‘Ya Allah! Ampunilah kiranya dia dan limpahkan kasih sayang kepadanya!’

Seseorang kamu senantiasa dianggap seperti dalam shalat, selama dia masih menunggu dan tidak ada yang menghalanginya (pulang ke rumahnya) menemui keluarganya melainkan hanya karena (menunggu) shalat.”

Jadi, usai shalat, jika tidak ada kepentingan yang sangat genting, jangan langsung kabur atau berpindah tempat. Minimal berdzikirlah sejenak dan berdoalah kepada Allah. Semoga Allah mengampuni dan menyayangi kita. Amin.[]

You may have missed