Saturday, 26 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Apakah Bank Syariah Bebas dari Riba?

Ustadz, sebenarnya kita bisa ngejamin nggak sih kalo bank syariah itu bebas dari riba? Atau perputaran uangnya bebas dari riba? Segitu aja dulu ustadz. Jazakallah.

Tanya:

Assalaamu’alaikum wr wb. Ustadz, sebenarnya kita bisa ngejamin nggak sih kalo bank syariah itu bebas dari riba? Atau perputaran uangnya bebas dari riba? Segitu aja dulu ustadz. Jazakallah. (dari Fadhil IPB 0857 XXX)

Jawaban:

‘alaikumussalam wr wb

Jika persoalannya sekedar bebas dari riba, memang harus diakui perbankan syariah telah bebas dari praktik riba, yakni tidak menyertakan bunga dalam transaksi simpan maupun pinjam. Namun jika pertanyaannya adalah apakah perbankan syariah telah terbebas dari sistema kapitalisme yakni ideologi menjadi asas praktik perekonomian ribawi dalam suatu negara misal NKRI, maka jawabannya sama sekali tidak akan pernah bisa dilakukan atau terjadi terlebih keputusan suatu bank untuk membuka divisi syariah alias office channeling itu ternyata berdasarkan pertimbangan bisnis alias untung dan rugi atau paling tidak untuk memanfaatkan potensi pasar yakni umat Islam yang semakin sadar bahwa riba adalah haram. Inilah yang wajib disadari umat Islam bahwa eksistensi perbankan syariah tiada lain tiada bukan adalah manipulatif sekaligus kamuflase sehingga seolah Islam menghalalkan perekonomian kapitalisme. Lebih mengerikan lagi adalah dengan semuanya itu, umat Islam semakin jauh dan semakin menjauh dari Islam maupun kehidupan Islam dalam Khilafah Islamiyah. [Ust. Ir. Abdul Halim]

You may have missed