Baca al-Quran Tapi Tak Tahu Artinya

Tanya:

dari +628529243XXX : Assalaamu’alaikum, saya mau tanya, apakah orang yang suka membaca + suka mendengarkan baca’an Alqur’an tetap dapat pahala? Walaupun orang tersebut sama sekali tidak tau arti/ ma’na nya? Mhn jelaskan (pecinta Purnamasidi FM) makasih, wsslm.

 

Jawab:

Berdasarkan dalil-dalil berikut :

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْءَانَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا (النساء : 82)

Kenapa mereka tidak melakukan tadabbur terhadap Al-Quran dan andai dia berasal dari selain Allah pastilah mereka menemukan di dalamnya banyak perbedaan (QS an-Nisaa [4]: 82)

 

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْءَانَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا (محمد : 24)

Kenapa mereka tidak melakukan tadabbur terhadap Al-Quran ataukah ada kunci penutup di aqal mereka. (QS Muhammad [47]: 24)

 

هُوَ الَّذِي مَنْ قَالَ بِهِ صَدَقَ وَمَنْ حَكَمَ بِهِ عَدَلَ وَمَنْ عَمِلَ بِهِ أُجِرَ وَمَنْ دَعَا إِلَيْهِ هُدِيَ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (رواه الدارمي)

 

dia (Al-Quran) adalah yang siapa saja berkata berdasarkan ketentuannya  pastilah benar, sia-pa saja yang memberlakukan pemerintahan dengannya pastilah adil, siapa saja yang berbuat berdasarkan ketentuannya pastilah diberi pahala dan siapa saja yang menyeru kepadanya pastilah ditunjukan kepada jalan yang lurus. (HR ad-Daromi]

 

Juga lainnya masih sangat banyak, menunjukkan bahwa jika hanya membaca Al-Quran tanpa mengerti dan memahami ketentuan Allah SWT dalam ayat atau surah yang dibaca maka dapat dipastikan tidak akan dapat pahala apa pun dari Allah SWT. Oleh karena itu adalah kewajiban setiap umat Islam untuk mempelajari Bahasa Arab yang merupakan Bahasa Al-Quran supaya dapat dengan tepat dan benar memahami bahkan menggali hukum Allah SWT darinya. [Ust. Ir. Abdul Halim]

Rate this article!
Tags:
author

Author: