Meninggalkan Anak Karena Susah Dapat Kerja

Tanya:

Aswrb.Saya andre 26th dr sukabumi.Saya mu tanya apakah berdosa klo saya meninggalkn anak saya, soalnya saya blum bisa membiayainya. Sampe skrang saya sush dpt kerja (+6285861195xxx)

Jawab:

Harus diingat oleh Andre di Sukabumi bahwa sebelum anda memutuskan untuk menjadi suami dengan menikahi seorang wanita lalu memutuskan menjadi bapak seiring dengan hamil dan melahirkannya istri anda, terlebih dahulu wajib diverifikasi dan dikalkulasi realitas diri anda yakni apakah telah memenuhi tuntutan Islam yang berkenaan dengan pria calon suami dari seorang istri dan calon bapak dari anak-anaknya? Inilah yang dimaksudkan oleh pernyataan Rasulullah saw :

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ (رواه البخاري

Wahai para pemuda, siapa saja di antara kalian yang sudah mampu الْبَاءَةَ maka beristrilah dan siapa saja yang belum mampu melakukannya maka wajib baginya shaum karena shaum itu adalah perisai baginya (HR Bukhari)

Makna اَلْبَاءَةُ adalah تَكَالِيْفُ الزَّوَاجِ وَالْقُدْرَةُ عَلَيْهِ (seluruh beban beristri dan sanggup untuk memenu-hinya). Sehingga sikap Andre yang saat ini sudah menjadi suami dan seorang bapak dari anak-anak, dengan meninggalkan anak anda yang secara otomatis meninggalkan istri, tentu saja adalah salah dan berdosa karena telah melalaikan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dan Rasul Nya atas seorang suami dan bapak, seperti anda. [Ust. Ir. Abdul Halim]

Tags:
author

Author: