Sunday, 27 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Indahnya Ibadah Bersama

Kadangkala kita juga lupa menciptakan suasana yang dapat membangun kebersamaan. Padahal banyak hal yang bisa dilakukan bersama pasangan. Salah satunya adalah menjalankan ibadah bersama. Pastinya beribadah ditujukan untuk Allah, bukan yang lain. Akan tetapi dengan menjalankannya bersama pasangan bisa menggugah lagi keharmonisan hubungan dengannya.

Menikah berarti membangun kebersamaan. Kadangkala kita lupa bahwa kebersamaan adalah hal yang menjadikan pernikahan senantiasa menyenangkan. Tanpa kebersamaan, hidup akan terasa sendiri meski hidup bersama dalam satu atap.

Memang, kebersamaan lebih besar artinya karena ada kesepahaman dan kesatuan pemikiran. Misalnya, sama-sama paham Allah yang mengatur rizki. Sehingga muncul kebersamaan dan saling dukung ketika terjadi kesulitan finansial. Atau bersepakat mengatur kelahiran dan pendidikan anak.

Meski demikian, adanya kebersamaan secara fisik tetap penting. Sering dikatakan bahwa kalau sering bertemu justru akan cepat bosan, sebaliknya jarang bertemu akan menambah kerinduan. Tapi bagaimana kebersamaan dan kesepahaman akan terbangun seandainya kita dan pasangan jarang bersua?

Kadangkala kita juga lupa menciptakan suasana yang dapat membangun kebersamaan. Padahal banyak hal yang bisa dilakukan bersama pasangan. Salah satunya adalah menjalankan ibadah bersama.

Pastinya beribadah ditujukan untuk Allah, bukan yang lain. Akan tetapi dengan menjalankannya bersama pasangan bisa menggugah lagi keharmonisan hubungan dengannya. Ada beberapa tips dan kegiatan ibadah yang insya Allah bisa menghangatkan lagi hubungan kita dengan si dia;

  1. Membuat kegiatan ibadah rutin. Salah satunya adalah shalat Jumat. Bagi para suami, sempatkan sesekali pulang ke rumah sebelum melaksanakan shalat Jumat. Bagi istri, siapkan perlengkapan shalat Jumat bagi si dia; sarung, baju koko dan peci. Pulang shalat Jumat Anda bersama pasangan bisa melanjutkan dengan kegiatan makan siang bersama.
  2. Mengerjakan shalat berjamaah di mesjid. Kaum wanita tidak dilarang mengerjakan shalat berjamaah di mesjid, meski lebih utama di rumah mereka. Sesekali ikut shalat berjamaah di mesjid bersama pasangan – apalagi di mesjid jami’ yang berada di pusat kota – sungguh merupakan perjalanan yang menyenangkan sekaligus berpahala.
  3. Menghadiri pengajian umum, seminar, training keislaman. Jika memang memungkinkan berangkat bersama pasangan, mengapa tidak dilakukan? Mengikuti kajian akan semakin seru karena Anda bisa berjalan bersama dan mendiskusikan materi kajian seusai acara.
  4. Tilawah bersama. Anda dan pasangan bisa saling mengingatkan tentang makhroj dan tajwid ketika tilawah. Termasuk Anda berdua bisa saling memotivasi untuk meningkatkan hafalan al-Quran.

Seringkali kegiatan ibadah bersama terjadi secara spontan. Ada baiknya jika Anda berdua merencanakan sejumlah kegiatan ibadah bersama. Seperti puasa sunnah yang bisa dilanjutkan dengan ifthar bersama; menu apa yang akan disiapkan untuk berbuka, atau mungkin ada tempat makan yang ingin dicoba. Sehingga beribadah selain berpahala juga merekatkan hubungan Anda dengan si dia. [januar]

You may have missed