Monday, 28 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Puasa Bisa Diganti, Shalat Kok Tidak?

Dalam ajaran Islam, puasa Ramadhan bisa diqadha jikat idak bisa melaksanakan shaum di bulan Ramadhan. Tapi untuk shalat, tidak ada perintah untuk meng-qadhanya.

Tanya:

Aslmwrwb., risty di ptarukn 15th mengpa wnita yg sedng menglmi menstruasi hrus membyr puasanya di hri yg lain? smentra sholat kok tdk menggntinya? Trimksh,.. Wass.. (+6285727321xxx)

Jawab:

Risty di Patarukan, ketentuan tersebut adalah Allah SWT sendiri yang menetapkan melalui hadits Nabi Muhammad saw, antara lain :

عَنْ مُعَاذَةَ قَالَتْ سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِي الصَّوْمَ وَلَا تَقْضِي الصَّلَاةَ فَقَالَتْ أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ قُلْتُ لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ وَلَكِنِّي أَسْأَلُ قَالَتْ كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلَا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ (رواه مسلم

Dari Mu’adzah berkata saya bertanya kepada ‘Aisyah mengapa wanita haidl mengqadla shaum dan tidak mengqadla shalat? Dia berkata : apakah kamu seorang Haruriyah? Saya menjawab saya bukan seorang Haruriyah tetapi saya bertanya! Dia berkata : keadaan itu biasa menimpa kami lalu kami diperintahkan untuk mengqadla shaum dan tidak diperintahkan untuk mengqadla shalat (HR Muslim)

You may have missed