Friday, 18 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Doa Ketika Ada Angin Bertiup Kencang

Ya Allah, aku meminta kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan dari tujuan ditiupkannya angin ini. Dan aku berlindung kepada Engkau dari keburukan angin ini, keburukan yang ada di dalamnya, dan keburukan dari tujuan ditiupkannya angin ini.

Oleh Umar Abdullah

Sobat, akhir-akhir ini sering kita mendengar berita munculnya angin yang bertiup kencang seperti badai, angin puting beliung dlsb. Jika kita melihatnya, Islam memberi tuntunan agar kita memohon kepada Allah sebuah doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw.

”Allaahumma innii as`aluka khairahaa wa khaira maa fiihaa wa khaira maa ursilat bihi,

wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bihi.”

[Ya Allah, aku meminta kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan dari tujuan ditiupkannya angin ini. Dan aku berlindung kepada Engkau dari keburukan angin ini, keburukan yang ada di dalamnya, dan keburukan dari tujuan ditiupkannya angin ini.] (HR. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi dari Aisyah ra)

Jika angin bertambah kencang Rasulullah saw berdoa:

Allaahumma laqiihan laa aqiiman.

Allaahummaj ’alhaa rahmatan wa laa taj’al ’adzaaban.

Allaahummaj ’alhaa riyaahan wa laa taj’alhaa riihan.

[Ya Allah, jadikanlah angin ini angin yang membawa kebaikan (yaitu hujan), jangan Engkau jadikan angin ini tidak membawa kebaikan.

Ya Allah, jadikanlah angin ini rahmat dan jangan Engkau menjadikannya adzab.

Ya Allah, jadikanlah angin ini angin yang membawa kebaikan dan jangan Engkau jadikan ia angin yang membawa keburukan.] (HR. Thabrani)

Semoga doa-doa ini membawa kita menjadi hamba Allah yang selalu mendekat dan selalu bertawakkal kepada Allah SWT. Dan menjadi hamba Allah yang selalu mendapat barakah dan keselamatan dari Allah SWT. Amin.[]

You may have missed