Refreshing bagi pelajar memang sangat diperlukan agar tidak jenuh dan bersemangat belajar kembali. Oleh karena itu, Pesantren Media setiap bulan santri-santri kami ajak jalan-jalan. Kadang ke gunung, kadang ke pameran di kota. Kali ini (Jum’at, 5 April 2013) ke sebuah telaga di perbatasan Kecamatan Bogor Barat dengan Kecamatan Dramaga. Sebuah telaga yang dikenal dengan nama Situ Gede yang berarti telaga besar.Read More →

Pelajaran matematika nalaria tingkat SMA di PM mengulang kembali dan masih menggunakan buku SMP kelas tujuh semester genap. Waktu bermatematika nalaria hanya seminggu sekali. Itu pun masih memahamkan konsep berpikir nalar yang hampir tidak pernah digunakan dalam pembelajaran matematika sekarang. Tapi nalar Anam memang sudah bagus, sebenarnya tinggal mengasah saja dengan banyak berlatih mengerjakan soal.Read More →

Bagi Pesantren Media, Matematika atau ilmu hitung adalah pengetahuan dasar yang harus dimiliki seorang muslim. Jika dia membeli sesuatu, dia harus tahu berapa uang kembalian yang seharusnya ia terima.Bagaimana tidak. Jika ia seorang wanita dan akan melakukan perjalanan jauh, dia harus menghitung berapa lama dia akan melakukan perjalanan. Apakah lebih dari 24 jam atau tidak . Jika dia seorang yang berharta, dia harus bisa menghitung zakat yang harus ia keluarkan.Read More →

Siti Muhaira sudah cukup runut menuliskan hasil diskusi aktual ini. Pengamatan dan pencatatan yang bagus serta menuangkannya kembali dalam tulisan. Tak mudah memang menuliskan hasil diskusi, maka teruslah berlatih dan menambah wawasan agar tulisan lebih berbobot lagi.Read More →

“Kumpul-kumpul sambil makan rujak emang enak, tapi kumpul-kumpul sambil bikin cerita lebih enak lagi, apalagi ceritanya keren-keren kayak di buku ini. Saya bacanya aja sambil cengar-cengir sendiri, seru banget, soalnya saya bacanya sambil makan rujak juga, sih! Hehe, jadi sambil nahan pedes!” [Boim Lebon, penulis cerita anak & remaja, produser TV]Read More →

Hasil laporan dari Diskusi Aktual yang ditulis oleh Ilham Raudhatul Jannah masih terasa belum rapi. Mungkin karena terburu-buru sehingga banyak kekeliruan yang semestinya bisa diedit dengan mudah sebelum dikirimkan hasilnya. Adanya kesalahan penulisan ejaan dan salah ketik cukup mengganggu. Namun secara isi sudah bisa dipahami dan mewakili hasil diskusi. Terus berlatih dan tetap semangat menulis! Read More →