Wikileaks: Terbongkarnya Kejahatan AS di Dunia Islam

Apakah anda tahu wikileaks? W.i.k.i.l.e.a.k.s. Ini adalah nama yang sering disebut-sebut di berita-berita TV baik dalam dan luar negeri. Juga tentunya koran-koran berita. Kata wikileaks kalau di Internet, wah sudah terkenal sekali bagi para pengguna internet. Ya karena wikileaks adalah nama situs di internet yang memberitakan informasi-informasi apapun yang mereka pandang penting untuk disampaikan ke masyarakat. Nah, belum lama ini wikileaks telah mengangkat berita-berita yang menghebohkan dunia. Bahkan menimbulkan kegoncangan secara khusus di kalangan pemerintah dan militer AS. Bagi masyarakat dunia, mereka jadi lebih tahu tentang kejahatan dan keculasan AS. Apa saja itu? Kita akan berbincang-bincang tentang TERBONGKARNYA KEJAHATAN AS DI DUNIA ISLAM. Bersama Ustzh. Ir Lathifah Musa. Beliau adalah Pemimpin Redaksi Majalah Udara Voice Of Islam.

Ustadzah, mengapa penting editorial kali ini membahas tentang isu wikileaks?

Wikileaks, mungkin bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan internet kurang faham tentang kata ini. Namun karena wikileaks memiliki informasi yang sangat penting tentang kejahatan AS yang berlangsung di dunia Islam, maka tentunya kaum muslimin harus memahami. Agar bisa tercegah dari kesalahpahaman terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di dunia, yang terkait dengan persoalan kaum muslimin. Juga agar kaum muslimin tidak terpengaruh makar yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam dan bisa menghindarinya. Dalam hal ini Rasulullah Saw memerintahkan para shahabat ra, kaum muslimin saat itu untuk selalu mengetahui berita-berita yang terjadi di dunia. Beliau saw bersabda: “Man ashbaha wa lam yahtam biamril muslimiina falaysa minhum. Barang siapa yang di pagi hari tidak memperhatikan urusan kaum muslimin maka bukanlah bagian dari mereka (kaum muslimin). Nah wikileaks adalah sebuah adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Saat ini wikileaks telah menyebarkan sejumlah dokumen rahasia Amerika Serikat yang terkait dengan hubungan dengan sejumlah negara. Ada sekitar 250.000 dokumen yang telah didapatkan oleh wikileaks dan situs ini membocorkannya sedikit demi sedikit. Selama beberapa hari terakhir, WikiLeaks telah mulai menerbitkan dokumen pertama dari 250.000 saluran diplomatik Amerika Serikat dan ternyata itu memicu badai di dunia internasional karena penilaian pribadi para diplomat Amerika atas para pemimpin asing dan politik telah ditayangkan kepada publik. Dokumen tersebut adalah publikasi utama ketiga dari dokumen-dokumen rahasia Amerika Serikat oleh Wikileaks tahun ini, setelah situs  itu mempublikasikan puluhan ribu dokumen militer Amerika Serikat terkait konflik Afghanistan dan Irak

Sebenarnya siapa yang ada di balik wikileaks?

Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006 yang dipimpin Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia. Dia memiliki pemahaman bahwa public harus mendapatkan informasi-informasi yang bersifat rahasia sekalipun. Julian tidak sendiri, dia didukung oleh para penggiat internet, jurnalis, perseorangan dan perusahaan2 individu. Situs wikileaks ini berjalan atas dukungan dana dari para donator. Ketika  Wikileaks. dinonaktifkan oleh penyedia jasa layanan AS, EveryDNS.net pada Jumat (3/12) malam, ternyata beberapa jam kemudian diaktifkan kembali oleh para pendukungnya di Swiss, sebagai alternatif bagi wikileaks.org milik Julian Assange yang diblokir karena berjuang untuk tetap dalam jaringan. Sebagai contoh misalnya, sebuah partai di swiss, namanya Partai Peretas Swiss yang berkampanye untuk kebebasan internet dan transparansi, dibentuk pada tahun 2009. Denis Simonet, yang memimpin kelompok itu, mengatakan kepada AFP bahwa pihaknya telah mendaftarkan laman wikileaks.ch enam bulan yang lalu.

Sebenarnya apa kepentingan wikileaks mengangkat informasi-informasi rahasia itu?

Memang tidak ada yang bisa memperkirakan secara pasti ya, selain dari adanya perspektif individu seorang Julian.  Karena bisa jadi juga AS sendiri ada di balik itu. Tetapi kemudian di sisi lain, AS tampak seperti kebakaran jenggot dengan kejadian ini. Jadi sebenarnya, bisa jadi ini adalah jaringan orang-orang yang mendukung kebebasan berinternet dan mendapatkan informasi. Tetapi kalau kemudian yang tampak diserang adalah kementrian luar negeri dan kedubes AS, serta Swiss melindungi situs ini, maka bisa jadi Uni Eropa diam-diam mendukung apa yang dilakukan oleh Julian dan para pendukungnya.

Apa saja yang diangkat oleh wikileaks?

Wikileaks membongkar jutaan dokumen AS mulai dari kabel diplomatik, komunikasi antar pejabat AS dan pemerintah sekutunya, laporan intelijen hingga data lapangan invasi AS di Irak dan Afganistan. Menurut  The Guardian dari 251.271 dokumen, 3.059 dokumen berasal dari Kedubes di Jakarta dan 167 dokumen dr Konjen AS di Surabaya. Semua  informasi tersebut terkait secara langsung maupun tak langsung dg operasi militer dan intelijen AS terhadap umat Islam baik di wilayah kolonial AS maupun di negeri2 satelitnya. Sebagian besar informasi tersebut adalah informasi masa lalu yg harus dibuka pemerintah AS. Meski belum membongkar agenda strategis pemerintah AS, Inggris dan sekutunya dengan organisasi rahasia yg mengendalikan dunia termasuk PBB, AS, Inggris dan masyarakat Eropa seperti Grup Bilderberg, Council of Foreign Relations, Klub Roma, Trilateral Commision, Royal Institute of international Affairs (Chatham House), namun fenomena ini membuktikan bahwa yang selama ini dianggap sebagai awan gelap konspirasi adalah terbukti. Saat ini ada 3.059 Dokumen Kedubes AS di Jakarta juga akan dibocorkan situs whistleblower WikiLeaks. Semuanya terangkum dalam 10 tema besar. Diantaranya adalah kepentingan kongresional AS, seperti peran Indonesia dalam peperangan melawan ekstremis Islam, edukasi dan pelatihan militer internasional (IMET), hak asasi manusia, kebebasan beragama, promosi demokrasi dan good governance, perdagangan dan bantuan asing.

Bagaimana sikap AS setelah makarnya dibocorkan oleh wikileaks?

Badan-badan pemerintah federal AS kemudian mengeluarkan peringatan, setiap pegawai negeri di negara itu yang membaca bocoran dokumen kawat diplomatik rahasia di WikiLeaks bisa dipecat dari pekerjaannya. Salah satu badan pemerintah itu adalah Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih. Kantor tersebut mengirim memo berisi larangan kepada setiap pegawainya yang tak punya otorisasi dan seluruh rekanan untuk membaca dokumen rahasia di situs WikiLeaks maupun situs apa pun, baik di komputer milik pemerintah maupun komputer pribadi mereka. Belakangan juga beredar surat elektronik yang berisi peringatan, pelajar dan mahasiswa yang ketahuan membaca dokumen rahasia di WikiLeaks, sekadar memasang link menuju dokumen itu atau mengomentari isinya di situs jejaring sosial bisa terancam tak akan diterima bekerja sebagai pegawai negeri di AS. Kemudian, Militer Amerika Serikat sedang berusaha untuk mencegah para prajuritnya di Irak melihat dan membaca dokumen-dokumen yang dibeberkan di laman Wikileaks.Mereka juga telah memperingatkan melalui laman di internet bahwa para prajurit dapat melanggar hukum jika tetap melakukan hal itu. Selanjutnya Amerika Serikat merencanakan perombakan besar kabinet, pejabat-pejabat militer dan mata-mata intelijen yang telah dibahayakan oleh skandal WikiLeaks, kata sebuah laporan. Dengan demikian, ini juga menunjukkan bahwa apa yang disampaikan oleh wikileaks bukan hanya isapan jempol. Artinya memang itulah faktanya.

Bagaimana sikap kita setelah mengetahui informasi-informasi yang dibocorkan oleh wikileaks?

Pengungkapan  dokumen-dokumen AS oleh Wikileaks telah membuktikan (1) adanya makar AS di dunia Islam. Kejahatan-kejahatan AS terhadap dunia Islam, dan sebetulnya juga kebohongan AS terhadap rakyatnya sendiri.   (2) memotivasi semua kaum intelektual dan para analis politik untuk memikirkan kembali anggapan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan terbaik dan bahwa mereka punya harapan dalam partai politik yang demokratis. Tidak sama sekali. Kediktatoran dan demokrasi adalah dua sisi mata uang yang sama yang digunakan Amerika agar negara-negara lain menurut kemauannya. (3)Terungkapnya berbagai dokumen rahasia dalam situs Wikileaks juga membuktikan pengkhianatan penguasa negeri-negeri Islam. Salah satu yang bisa menjadi contoh adalah Pakistan. Dokumen yang berisi memo diplomat Amerika itu merupakan tamparan di wajah penguasa Pakistan . Selama ini penguasa Pakistan selalu menolak dan menyebut ‘hanya’ teori konspirasi ketika mencul kepermukaan berita tentang kehadiran pasukan Amerika di Pakistan, dukungan pemerintah atas pesawat-pesawat tidak berawak dan campur tangan Amerika atas program nuklir Pakistan harus. Ternyata wikileaks telah membongkar kebenaran tersebut. Dokumen -dokumen itu telah memperjelas berapa banyak pengaruh Amerika dalam mengatur urusan dalam negeri Pakistan. Bagi Indonesia, ini juga seharusnya membuka bahwa AS memiliki rencana-rencana jahat terhadap Indonesia. Salah satu yang banyak dibicarakan sekarang adalah ada kawat-kawat diplomatik rahasia dari Kedubes AS Jakarta. WikiLeaks mengungkap, ada kawat terkait terorisme yang dikeluarkan 4 hari sebelum peristiwa bom di Hotel JW Marriott pada 17 Juli 2009 lalu. Pada 17 Juli 2009, bom Marriott pun meledak dan ikut merusak Hotel Ritz-Carlton. Pada tanggal itu pula, langsung keluar kawat lagi dari Kedubes AS Jakarta dengan kode PTER, PGOV, PREL yang artinya terorisme, pemerintah Indonesia dan hubungan luar negerinya. Jika Kedubes AS sudah mengeluarkan kawat diplomatik soal terorisme, 4 hari sebelum JW Marriott meledak, apa artinya AS sudah tahu akan ada serangan terorisme? Hal itu baru akan terjawab jika dokumen ini dirilis sepenuhnya oleh WikiLeaks. (3) Umat Islam harus waspada dan bertindak cerdas membaca semua agenda imperalis. Kunci keimanan dan kesadaran politik akan menyelamatkan umat dari berbagai makar. Umat meyakini bahwa Allah akan membongkar makar orang2 kafir. Inilah yang dikatakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran politik umat. Kita saat ini bisa melihat dengan nyata bahwa makar orang-orang kafir akan terbongkar juga oleh mereka sendiri. Wa makaruu wa makarallaah wallaahu khairul maakiriin: Lalu mereka mengadakan tipu muslihat (makar). Allah pun membalas makar mereka dan Allah sungguh paling ampuh tipu muslihatnya[]

Tags:
author

Author: