Friday, 25 September 2020

MediaIslamNet

Portal Opini dan Solusi Islami

Adakah Ulama yang Menghalalkan Riba?

Adakah Ulama yang membolehkan uang riba dari tabungan bank, digunakan untuk membangun fasilitas umum seperti jalan dan jamban?

Tanya:

Assalaamu’alaikum wr wb. Adakah Ulama yang membolehkan uang riba dari tabungan bank, digunakan untuk membangun fasilitas umum seperti jalan dan jamban? (dari Fajar 0878 XXX)

Jawaban:

‘alaikumussalaam wr wb

Jika ulama yang dimaksudkan adalah ulama salaf yakni para sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in termasuk imam madzhab yang empat: Abu Hanifah, Malik bin Anas, Asy-Syafi’i dan Ahmad bin Hambal, maka dapat dipastikan tidak ada seorang pun dari mereka yang menghalalkan riba untuk kepentingan apa pun termasuk untuk kepentingan yang paling wajib dalam Islam yakni dakwah dan jihad.

Jika ulama yang dimaksudkan adalah sekelompok orang saat ini yang terlanjur diposisikan oleh masyarakat sebagai ulama atau memang mereka sendiri yang ngotot mengaku diri sebagai ulama, maka dapat dipastikan banyak (lebih dari tiga orang) di antara mereka yang menghalalkan riba demi kepentingan pragmatis.

Lalu, ulama manakah yang wajib diikuti dan ditaati oleh umat Islam? Tentu saja adalah ulama sejati (خِيَارُ الْعُلَمَاءِ) yang memenuhi kualifikasi Islam yakni :

وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَابِّ وَالْأَنْعَامِ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ كَذَلِكَ إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ (فاطر : 28)

عَنْ الْأَحْوَصِ بْنِ حَكِيمٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَأَلَ رَجُلٌ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الشَّرِّ فَقَالَ لَا تَسْأَلُونِي عَنْ الشَّرِّ وَاسْأَلُونِي عَنْ الْخَيْرِ يَقُولُهَا ثَلَاثًا ثُمَّ قَالَ أَلَا إِنَّ شَرَّ الشَّرِّ شِرَارُ الْعُلَمَاءِ وَإِنَّ خَيْرَ الْخَيْرِ خِيَارُ الْعُلَمَاءِ (رواه الدارمي

You may have missed