Jika Istri Menolak Variasi Posisi Hubungan Seks dengan Suami

TANYA:

Assalamualaikum ustad mediaislamnet, gimana hukumnya istri yang menolak diajak berhubungan sex dengan gaya tertentu, dimana gaya tersebut tidak melanggar syariat islam? terima kasih atas jawabanya (far via email)

JAWAB:

‘alaikumussalam wr wb

Istri tidak mau diajak berhubungan seks dengan gaya tertentu disebabkan beberapa hal.

Pertama, risih. Beberapa posisi hubungan seks bisa jadi membuat si istri merasa risih. Misalnya posisi suami di belakang istri lalu memasukkan penisnya ke vagina istri. Posisi ini seperti (maaf) gaya anjing ketika bersetubuh. Pemecahannya, sampaikanlah ke istri bahwa variasi posisi tersebut diperbolehkan dalam Islam selama penis suami masuk ke vagina istri. Penyampaian tersebut hendaknya dilakukan sebelum melakukan hubungan seks.

Kedua, perlakuan kasar suami ke istri. Secara umum, wanita sangat sensitif perasaannya. Perlakuan kasar sang suami akan menyebabkan istri merasa tidak nyaman berdekatan apalagi berhubungan intim dengan suaminya. Pemecahannya, minta maaflah ke istri karena perlakuan kasar tersebut dengan tulus, bukan supaya istri mau melayani sang suami. Tunda hubungan intim hingga esok hari atau esok malam. Biarkan hari itu atau malam itu istri anda memulihkan perasaannya terhadap anda. Peluk, cium dan belai kepala istri agar ia merasa nyaman.

Ketiga, keletihan. Wanita-wanita karir yang bekerja seharian pada siang hari memerlukan istirahat pada malam hari. Jangankan untuk melakukan variasi hubungan seks, untuk melakukan hubungan seks dengan satu posisi pun akan dilakukan dengan setengah hati. Bahkan bukan tidak mungkin si istri akan menolaknya. Bagi yang Ibu Rumah Tangga dan tidak bekerja di luar rumah pun, jika pekerjaan rumahnya terlalu banyak dan berat juga akan mengalami keletihan. Keletihan semacam ini pun menyebabkannya tidak bergairah ketika berhubungan intim dengan suaminya. Solusinya, buatlah istri segar bugar. Mungkin anda harus lebih keras bekerja, sehingga istri tidak perlu bekerja di luar rumah. Mungkin anda perlu menyediakan pembantu rumah tangga agar istri tidak terlalu terbebani pekerjaan rumah tangga. Mungkin anda perlu memijat seluruh tubuhnya dari kaki hingga kepala agar keletihan segera sirna.

Inti ketiga solusi tadi adalah BUATLAH ISTRI ANDA NYAMAN HIDUP BERSAMA ANDA. Jadi jangan dimarahi hanya karena tidak mau melakukan variasi hubungan seks. Itu akan membuatnya terluka dan semakin tidak nyaman hidup bersama anda. Karena Rasulullah saw bersabda:

”Istaushuu bin nisaa`i, fainnal mar`ata khuliqat min dhila’i, wa inna a’waja syai`in fildh dhila’i a’laaHu, fain dzaHabta tuqiimuHu kasartaHu, wa intaraktaHu lam yazal a’waja fastaushuu bin nisaa`i.”

Artinya:

”Nasehatilah wanita, karena wanita diciptakan dari tulang rusuk dan bahwa sesungguhnya yang paling bengkok pada tulang rusuk itu adalah yang paling atas. Maka jika engkau memaksa meluruskannya engkau akan mematahkannya dan jika engkau biarkan maka akan tetap dalam keadaan bengkok. Maka nasehatilah wanita.” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Dan jadilah anda suami yang paling baik untuk istri anda. Karena Rasulullah saw bersabda:

“Akmalul mu`miniina iimaanan ahsanuHum khuluqan, wakhiyaarukum linisaa`iHim.”

Artinya:

”Sesempurna-sempurna iman orang mukmin adalah yang paling baik akhlaqnya dan yang paling baik terhadap istrinya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi, Tirmidzi mengesahkannya)

Salam,

UMAR ABDULLAH

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>