Doa Ketika Melihat Kilat dan Mendengar Suara Petir

Oleh Umar Abdullah

Sobat, jangankan anak kecil, orang dewasa pun takut melihat cahaya kilat mendahului suara petir yang beberapa saat kemudian sampai ke telinga kita dengan keras. Anak-anak biasanya langsung nangis. Orang dewasa biasanya terhenyak bahkan ada yang terlompat dengan jantung berdebar-debar. Dan listrik pun biasanya langsung padam. Ya listrik alam berkekuatan dahsyat itu memang sangat berbahaya bagi manusia. Allah mengutus Muhammad saw untuk memberi tuntunan kepada umatnya agar mereka berdoa ketika mereka melihat kilat dan mendengar petir dengan doa:

Allaahumma laa taqtulnaa bighadhabika wa tuhlikna bi’adzaabika wa ’aafinaa qabla dzaalika.

[Wahai Allah, janganlah Engkau bunuh kami dengan murka-Mu dan jangan Engkau binasakan kami dengan siksa-Mu, dan selamatkanlah kami sebelum itu.] (HR. Tirmidzi dari Ibnu Umar ra)

Jadi, ajarkanlah doa ini kepada keluarga kita, teman-teman kita, dan kepada seluruh umat manusia. Semoga mereka menjadi hamba-hamba Allah yang diselamatkan dari bahaya petir-petirAllah. Semoga mereka menjadi hamba-hamba Allah yang semakin dekat kepada Allah dan selalu bertawakkal kepada Allah. Amin.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *